PENGARUH GIZI TERHADAP KESEHATAN

Oleh : Martalena Br. Purba, MCN., PhD.

                Tubuh Kita Adalah Cerminan dari Apa Yang Kita Makan

Kita mungkin sudah sering mendengar kata-kata di atas. Pemenuhan energi dan zat gizi dengan benar dan tepat ternyata merupakan modal utama bagi tercapainya derajat kesehatan yang baik. Apakah itu pada masa bayi, balita, anak remaja ingga usia lanjut. Banyak bukti telah ditemukan bahwa dalam menjalani kehidupan, pemenuhan gizi yang benar disertai pola hidup yang sehat dapat memperbaiki kualitas kehidupan seseorang. Sebaliknya, bila seseorang mempunyai status gizi yang tidak baik, maka kualitas hidup orang tersebut akan terpengaruh. Misalnya seseorang yang mempunyai status gizi kurang yang dapat dilihat dari berat badan yang kurus, maka orang tersebut akan mudah sakit dan mempunyai daya tahan tubuh yang rendah, serta produktifitas yang rendah pula. Demikian juga seseorang yang kelebihan berat badan dan ditambah usia yang makin bertambah, orang tersebut akan meningkat factor resikonya terhadap penyakit degeneratif dan sindroma metabolic misalnya penyakit kencing manis (diabetes), penyakit jantung, kanker, batu ginjal, gangguan tulang dan sendi, serta penyakit, atau gangguan yang lainnya.

Berikut beberapa tips yang dapat dipakai dalam menjalankan gizi seimbang :

  1. Upayakan untuk mempertahankan berat badan dalam kategori ‘normal’ baik itu menggunakan parameter Berat Badan Relatif maupun Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan mengurangi atau menambah asupan energi sehari-hari.
  2. Upayakan untuk makan atau menggunakan aneka ragam bahan makanan. Mengkonsumsi berbagai bahan makanan secara bergantuan akan menurunkan kemungkinanb kekurangan zat gizi tertentu.
  3. Memilih sumber hidrat orang kompleks. Tujuannya adalah untuk menjamin kandungan cukup serat serta tidak terlalu banyak mengkonsumsi refined carbohydrates (missal roti putih, beras giling sempurna).
  4. Membatasi konsumsi lemak secara berlebihan. Dianjurkan penggunaan sumber lemak nabati yang kaya lemak tak jenuh paling tidak sama dengan sumber lemak hewani agar dikonsumsi lemak jenuh tidakk berlebihan.
  5. Mengurangi konsumsi jajanan yang ‘padat energi’ karena banyak mengandung gula, terigu, dan lemak.
  6. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi  bahan makanan sprotein hewani laut (sumber lemak rak jenuh omega 3 dan 6 serta seng) secara bergantian dengan hewani darat (sumber zat besi) dan protein nabati.
  7. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah berwarna hijau tua dan orange sebagai sumber serat dan anti oksidan alami.
  8. Menggunakan garam beryodium serta mengkonsumsi air yang terjamin akebersihannya.
  9. Membatasi penggunaan garam secara berlebihan (yang banyak pada bahan makanan diawetkan dan bahan penyedap).

 

 

Kebutuhan Gizi Tiap Individu Berbeda Satu Sama Dengan Lainnya

 UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT

HUBUNGI AHLI GIZI DI KUCALA MEDICAL CENTER

JLN. SUROTO 18 Telp. (o274 ) 515208

YOGYAKARTA

Email : yayasan_kucala@yahoo.com

 

2 Balasan ke PENGARUH GIZI TERHADAP KESEHATAN

  1. Mukhoirotul Khomsah mengatakan:

    Tolong dituliskan pula cara-cara menjaga kesehatan penderita peny kronis mis. diabetes, hipertensi dll. Mkasih. Selamat berkarya. Kucala tetap Jaya. Harmi

  2. rudi mengatakan:

    Terima kasih gan artikelnya cukup membantu…
    visback juga ya gan.
    http://blog-nya-newbie.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: