Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

dr. FX. Ediati Triningsih, M.Sc., Sp.PA

Lebih dini kanker ditemukan dan diobati, dengan cepat dan tepat, maka lebih besar kemungkinan sembuh, oleh karenanya diperlukan pengetahuan deteksi dini.

Deteksi dini adalah upaya secara aktif untuk mewaspadai tubuh seseorang terhadap gejala kanker, dengan cara periksa ke ahli kesehatan (bidan dan dokter umum yang sudah dilatih, dan dokter spesialis kebidanan & kandungan) meskipun badan merasa sehat ataupun apabila ada gejala-gejala yang dirasakan tidak enak di tubuh.

DETEKSI DINI KANKER MULUT RAHIM

Persyaratan pemeriksaan dengan Pap smear adalah :

Cara lain deteksi dini kanker mulut rahim dapat dengan cara :

  1. 1. Pemeriksaan IVA :

Pemeriksaan IVA dengan jalan mengulas mulut rahim dengan asam asetat/asam cuka. Apabila mulut rahim didapat kelainan/abnormal pada daerah tersebut akan didapat perubahan warna yang bisa dicocokkan dengan peta perubahan warna yang merupakan standard pemeriksaan. Pemeriksaan ini lebih murah sehingga dapat digunakan untuk skrining di daerah pedesaan di mana fasilitas pemeriksaan laboratorium untuk pap smear belum ada.

  1. 2. Test Schullër

Pemeriksaan cara ini, maka pada mulut rahim diusapkan larutan yodium, kemudian dilihat warna preparat usapan, pada bagian yang normal berwarna coklat, karena yodium bersenyawa dengan glikogen yang ada dalam sel mulut rahim yang sehat.

  1. 3. Pemeriksaan dengan alat Kolposkopi

Cara pemeriksaan ini menggunakan fiber optic yang dimasukkan ke vagina ke arah mulut rahim sehingga permukaan mulut rahim dapat dilihat  karena diproyeksikan dalam layar televisi, pasien maupun dokter bisa melihat di layar tv tersebut dengan jelas karena gambar permukaan mulut rahim dapat dibesarkan beberapa ratus/ribu kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: